Rabu, 19 Oktober 2016

RUMAH SAKIT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG dan MASJID KH M. BEDJO DARMOLEKSONO


 RUMAH SAKIT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

Rumah sakit UMM merupakan  rumah sakit  pendidikan (Teaching Hospital) yang dimiliki Universitas Muhammadiyah Malang yang di bangun di atas tanah ukuran 32.834 m2. dan di resmikan oleh dua tokoh nasional yaitu Ibu Megawati Soekarno Putri dan Bapak Jusuf Kalla. Lokasi rumah sakit UMM ini  di desa Landungsari, tepatnya di sebelah timur terminal Ladungsari tepatnya di  Jl. Tlogomas No.45, Landungsari, Dau, Kota Malang dekat dengan jalan yang menghubungkan Malang dan Batu.
Pembangunan Rumah Sakit ini digunakan untuk kegiatan pendidikan kedokteran dan ilmu-ilmu kesehatan dengan menerima pasien umum.Fasilitas  yang ada adalah bangunan utama untuk pelayanan kesehatan, training centre, auditorium, paviliun, masjid, taman, parkir dan pusat kebugaran.
Selain melayani kesehatan dengan pengobatan dan ilmu kedokteran modern, Rumah Sakit Pendidikan UMM juga akan membuka praktik pengobatan timur khususnya ilmu kedokteran Chinsumbera dan pengobatan alternatif. Nilai kekhasan inilah yang akan dikembangkan sehingga merupakan ciri khas yang tidak dimiliki oleh Rumah Sakit lain.

MASJID KH M. BEDJO DARMOLEKSONO
Masjid bernuansa Tiongkok yang satu ini benar benar istimewa, karena dibangun bukan oleh komunitas Muslim Tionghoa Indonesia tapi justru dibangun oleh Universitas  Muhammadiyah  Malang. Ketika Universitas  Muhammadiyah  Malang berencana membangun sebuah Rumah Sakit lengkap dengan fasilitas Masjid. Masjid ini merupakan prioritas Rektorat UMM agar dapat memberikan manfaat bagi  masyarakat sekitar, dan setelah beberapa kali berganti design ahirnya diputuskan untuk membangun sebuah masjid dengan arsitektur Tiongkok. Rektor UMM Dr. Muhadjir Effendy, MAP memberi nama masjid itu dengan nama Masjid KH M. Bedjo Darmoleksono yang merupakan salah satu tokoh pelopor Muhammadiyah di Malang.  Masjid  ini terletak di dalam Komplek Rumah Sakit Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang di di Jl. Tlogomas, sekitar 500 meter dari kampus III Universitas Muhammadiyah Malang.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar