Rabu, 19 Oktober 2016

PERKEMBANGAN DAN KEMAJUAN TEKNOLOGI


Perkembangan dan kemajuan teknologi dari tahun ke tahun sudah tidak dapat dipungkiri lagi. Di era serba digital ini semua kegiatan sehari-hari dapat dilakukan dengan teknologi. Bayangkan saja ketika kita bisa menelpon, membayar, dan mengendalikan sesuatu dari jarak jauh hanya dengan menggunakan satu benda yaitu handphone bukankah itu sesuatu yang luar biasa?. Tak dapat dipungkiri jika Perkembangan teknologi masa kini berkembang sangat pesat. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya inovasi-inovasi yang telah dibuat di dunia ini. Dari yang sederhana, hingga yang menghebohkan dunia.
Sebenarnya Teknologi sudah ada sejak jaman dahulu, yaitu jaman romawi kuno. Perkembangan teknologi berlangsung secara evolutif. Sejak zaman Romawi Kuno pemikiran, dan hasil kebudayaan telah tampak berorientasi menuju bidang teknologi.
Secara etimologis, akar kata teknologi adalah "techne" yang berarti serangkaian prinsip atau metode rasional yang berkaitan dengan pembuatan suatu objek, atau kecakapan tertentu, atau pengetahuan tentang prinsip-prinsip atau metode, dan seni. Istilah teknologi sendiri untuk pertama kali dipakai oleh Philips pada tahun 1706 dalam sebuah buku berjudul Teknologi: Diskripsi Tentang Seni-Seni, Khususnya Mesin (Technology: A Description Of The Arts, Especially The Mechanical). Perkembangan teknologi berkembang secara drastis dan terus berevolusi hingga sekarang. Hingga menciptakan obyek-obyek, teknik yang dapat membantu manusia dalam pengerjaan sesuatu lebih efisien dan cepat. Dalam bentuk yang paling sederhana, Perkembangan teknologi dihasilkan dari pengembangan cara-cara lama atau penemuan metode baru dalam menyelesaikan tugas-tugas tradisional sepertibercocok tanam, membuat baju, atau membangun rumah.
Tapi kita semua mengetahui, bahwa suatu perkembangan pasti tidak lepas dengan timbulnya dampak buruk dan positif yang mengiringinya. Dampak positif adanya perkembangan teknologi yang semakin complex ini adalah semua kegiatan yang dilakukan umat manusia menjadi lebih muda, namun sekaligus juga menciptakan dampak negatif yaitu menimbulkan sifat malas manusia. Dewasa ini, kita harus dapat menyikapinya dengan baik. Dengan cara meningkatkan dampak positif dan meminimalisir dampak negatifnya. Jangan jadikan kemajuan teknologi ini menjadi alasan rusaknya generasi muda indonesia, jadikan kemajuan teknologi ini sebagai motivasi untuk meningkatnya kemampuan diri dan memanfaatkannya sebaik mungkin.(sumber)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar